Minggu, 25 Oktober 2009

MENGEVALUASI HUBUNGAN YANG TELAH DIJALANI DENGAN PELANGGAN

A. Analisis Pelanggan
Pelanggan yaitu seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha, orang yang memberikan perhatian lebih terhadap produk yang ditawarkan. Pelanggan bukan hanya mendatangkan uang tetapi manusia yang mempunyai perasaan yang harus kita hormat. Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam perusahaan. Pelanggan adalah orang atau lembaga yang melakukan pmbelian produk secara berulang – ulang. Pelanggan sebagai sahabat yang tidak mengintruksi dan mengganggu pekerjaan pelayan tetapi memberikan usulan atau gagasan. Pelanggan adalah orang yang tidak terbantung pada kita tetapi kita bergantung pad pelanggan. Pelanggan yaitu orang dalam organisasi atau instansi yang melakukan pembelian produk secara berulang – ulang.
B. Jenis – jenis pelanggan
1. Pelanggan Ekaternal
Yaitu orang diluar industry yang menerima suatu produk (end user).
Beberapa hal yang diperlukan pelanggan eksternal antara lain :
Kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
Harga yang kompetitis
Kualitas barang
Pengiriman yang tepat waktu
Pelayanan purna jual
2. Pelanggan Internal
Yaitu orang yang melakukan proses selanjutnya dari suatu pekerjaan (next process)
Yang diperlukan pelanggan internal antara lain :
Kerja kelompok dan kerja sama
Setruktur dan sistem yang efesien
Perjaan yang berkualitas
Pengiriman yang tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar